Slackware linux

 Slackware ? apa sih itu ? klo di jelaskan secara sejarah, slackware adalah distro pertama yang digunakan untuk keperluan umum. Pertama kali dibuat oleh Patrick Volkerding tahun 1992. Pada saat itu ia membutuhkan sebuah sistem yang mendukung LISP untuk proyeknya (sebuah bahasa pemrograman untuk aplikasi AI: Artificial intelligence). Ia menggunakan Linux Soft Landing System (SLS LINUX). Namun SLS memiliki beberapa masalah sehingga Patrik kemudian melakukan perbaikan atas beberapa bug yang ada. Ia kemudian menggabungkan beberapa bug yang telah diperbaikinya kedalam distro miliknya dan mendistribusikan distro miliknya tersebut kepada teman - temannya sehingga menjadi cukup populer. Akhirnya Patrick menyediakan distronya bagi publik dengan nama Slackware

Selama masa perkembangan Slackware, dimasukkannya hal - hal baru ke dalam slackware, seperti program instalasi yang user friendly, menggunakan pilihan menu dan manajemen paket. Sehingga memudahkan kita didalam menginstall, meng-upgrade atau membuang sistem. Berikut tampilan Desktop slackware linux
Slackware Linux

Slackware pernah sangat populer di dunia GNU/Linux. Hampir semua dokumentasi GNU/Linux berdasarkan Slackware. Ada dua hal yang sangat penting dari Slackware yakni bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah sudah teruji. Meskipun masih menggunakan versi yang lama, namun terjamin stabil.

Pada Slackware disarankan menginstall dari source code yang artinya setiap program yang diinstall akan teroptimalisasi sesuai dengan sistem kita. Hanya saja orang masih beranggapan menginstall slackware itu susah karena masih menggunakan modus text, berbeda dengan distro - distro linux yang lain karena sudah menggunakan modus grafis dalam instalasi serta ada yang sudah menggunakan bahasa indonesia.

Tapi Penulis berpendapat semakin sulit serta manualnya didalam penggunaan Slackware pastinya ada manfaatnya ketimbang menggunakan yang mudah tinggal klik klak klik, kita malah dapat memahami lebih detail prosesnya (bagi yang ingin belajar). Jika anda ingin belajar mungkin distro yang satu ini cocok anda pilih.

"Ga ada distro linux yang paling bagus ataupun jelek, 
yang ada, cocoknya dengan anda atau tidak"

No comments:

Post a Comment