Time to live exceeded [CASE]


Time to live exceeded merupakan pesan status dari gateway terakhir / last hop (router menuju target) dikarenakan paket ICMP yang dikirimkan dibuang karena terjadi routing loop. Hal ini akan ditemui apabila anda menggunakan ping tools ke host target / tujuan kemudian mendapatkan pesan Time to live exceeded. Sumber permasalahan ini bisa bermacam - macam. Dulu saya pernah mengalami hal demikian, ketika terjadi kesalahan routing yang menyebabkan routing loop antar router. Dan penyebab ini bersumber pada BGP routing. Mungkin untuk kasus lain dapat juga bersumber hal lain.


Untuk mengetahui lebih sederhana lagi mengenai gangguan pesan "Time to live exceeded" kita dapat mengunakan tools sederhana seperti traceroute (unix) atau tracert (m.s windows). Tool ini merupakan tool untuk melacak routing yang dilewati melalui hop (baca router) hingga sampai ke tujuan. Dokumentasi saya ini menggunakan linux Slackware 13.37 sbb:

Kasus , ping pada suatu host (lihat gambar)



maka gunakan, ping tools traceroute ke host tujuan dengan perintah:
traceroute [ip address host]


Secara default, jika menggunakan traceroute [ip address host] maka max hop yang ditampilkan hanya 30 (lihat gambar diatas). sehingga kita dapat menggunakan opsi -m untuk menambah seberapa banyak pelacakan hop. Ini akan berguna ketika mengetahui suatu arah routing dikatakan normal atau ada gangguan (dalam hal ini routing loop)

Saya membatasi hingga 100 hop sbb :
traceroute [ip address host] -m 100


Nah didapati memang terjadi perulangan routing (routing loop).

Jadi solusinya bagaimana? ya tentu saja menghubungi network admin yang bersangkutan mengenai gangguan ini.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/ICMP_Time_Exceeded

No comments:

Post a Comment